×
Ramalan Bintang
Indiga
Free - In Google Play
View '

Wednesday, July 24, 2019

Mengenal Wasir, Jenis dan Cara Mengatasinya

Mungkin anda pernah meringis menahan sakit pada bagian bawah saat ingin buang air besar atau saat duduk.

Jika pernah, maka bisa jadi anda terserang penyakit wasir. Penyakit ini terjadi karena pembesaran pembuluh darah balik (vena) dalam usus besar (rektrum) dan sekitar dubur.

Hal ini bisa terjadi karena ada tekanan saat anda ingin membuang air besar atau meningkatnya tekanan pada pembuluh darah halus selama kehamilan. Gejala penyakit ini banyak macamnya semua tergantung pada tingkat keparahannya. Biasanya bermula dari rasa panas, gatal dan terkadang terasa pedih di daerahsekitar dubur. Selalu nyeri saat buang air besar, ada juga dengan gejala benjolan lunak di dubur yang kadang-kadang lebih dari satu benjolan. Bahkan malah ada tetesan darah segar di dubur setelah buang air besar.

Terkadang orang malu membahas masalah penyakit ini, tetapi sekitar separuh dari orang dewasa pernah mengalami dengan rasa gatal, pendarahan dan sakit yang merupakan pertanda datangnya kondisi ini.

Ada dua jenis wasir, yaitu internal hemorrhoids dan external hemorrhoids. Pada internal hemorrhoids, anda tak dapat melihat atau merasakannya tetapi ketegangan atau adanya iritasi saat anda duduk di permukaan keras tanpa sandaran, dapat melukai permukaan lembut pada wasir sehingga dapat menyebabkan pendarahan. Anda akan tahu ada titik darah segar di toilet saat habis buang air besar. Karena membran anus bagian dalam kurang mengandung serat syaraf sensitif, wasir semacam ini biasanya tidak menimbulkan ke tidak nyamanan. Terkadang timbul ketegangan sehingga dapat mendorong wasir internal mencapai bukaan anus. Jika wasir ini masih ‘salah tempat’, maka dapat menyebabkan iritasi dan kesakitan.

Sedangkan external hemorrhoids cenderung menyakitkan. Karena kadang darah berkumpul pada wasir yang ada di bagian luar dan membentuk sebuah gumpalan (thrombus) sehingga timbul sakit yang amat sangat, bengkak dan peradangan. Saat teriritasi, external hemorrhoids menjadi gatal atau berdarah. Maka mulailah untuk mengkonsumsi makanan yang berserat dan perbanyak minum air putih agar buang air besar anda lebih teratur serta terhindar dari wasir.

Blog Templates Blogger Template | Free Blogger Templates | Ramalan Bintang